kebaya pengantin modern

Merencanakan Anggaran Bulanan Untuk Keluarga Baru Dengan Ms Excel

Didalam sebuah rumah tangga perlu adanya perencanaan dan pengaturan keuangan. Perencanaan dan pengaturan dilakukan dikarenakan adanya keterbatasan pendapatan/ gaji dalam sebuah keluarga baru. Sedangkan terkadang jumlah pengeluaran bisa jadi lebih besar, oleh karena itu perlu perencanaan yang baik agar semua kebutuhan utama bisa tercukupi dan tidak terjadi kebangkrutan keuangan keluarga. Nah kalai ini akan dibahas sebuah cara menggunakan microsoft excel untuk mengatur anggaran rumah bulanan.

Selain menggunakan excel seperti dibawah ini, kamu yang menggunakan smartphone bisa juga menggunakan aplikasi di hp android/ ios (iphone). Bagi pengguna smartphone cara ini lebih praktis dan mudah. Caranya masuk ke playstore lalu ketik "KEUANGAN PRIBADI" akan muncul puluhan aplikasi pencatatan dan pengaturan keuangan keluarga. Nah penulis pernah menggunakan app dengan judul "INI DOMPETKU" dgn gambar dompet. Selain itu ada apps dengan nama : "keuangan pribadi", "pencatatan keuangan pribadi", "pencatata keuangan" dan aplikasi yang sama dengan dengan bahasa inggris seperti money lover, fast budget, dll Nah, tinggal pilih ingin pake apps atau dengan menggunakan excel seperti dibawah ini untuk pencatatan keuangan keluarga.

Membuat Anggaran Bulanan Keluarga

Anggaran Bulanan Keuangan Keluarga ini sendiri terinspirasi dari template Personal Monthy Budget yang telah tersedia di Microsoft Excel 2007 yang sayangnya hanya sedikit orang yang mengetahuinya ataupun menggunakannya.

Untuk membukanya, pada Excel klik Office button/New/Templates/Installed Templates pilih Personal Monthly Budget lalu Create. Tampilan Personal Monthly Budget di Excel 2007 adalah sebagai berikut:



Dari template tersebut, kita akan membuat sendiri Anggaran Bulanan Keluarga yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk membuat anggaran bulanan, kita harus menenetukan serta mengidentifikasi dua komponen utama dalam anggaran yaitu Income/Pendapatan dan Pengeluaran.

Pendapatan

Pendapatan sebuah keluarga biasanya berasal dari gaji suami untuk yang single income, gaji suami dan gaji istri untuk pasangan yang keduanya bekerja, pendapatan usaha, bunga atau bagi hasil deposito, dll. Pendapatan yang diperoleh setahun sekali dibagi dengan 12 untuk mendapatkan jumlah penghasilan per bulan. Untuk pendapatan yang tidak terduga dimasukkan ke dalam komponen penghasilan lain-lain.

Pengeluaran

Setiap keluarga memiliki tentunya memiliki komponen pengeluaran yang berbeda-beda. Akan tetapi, pengeluaran tersebut dapat dikategorikan ke dalam kategori yang sama, misalnya pengeluaran untuk rumah atau tempat tinggal, transportasi, makanan, asuransi, tabungan dan investasi dll. Setiap pengeluaran yang dikeluarkan setahun sekali dibagi 12 untuk mendapatkan perkiraan pengeluaran per bulan. Pengeluaran yang sifatnya tidak terduga dimasukkan ke dalam pengeluaran lain-lain. Setiap komponen pengeluaran sebaiknya memiliki item pengeluaran lain-lain.

Step By Step: Membuat Anggaran Bulanan

Anggaran bulanan yang akan dibuat kali ini menggunakan fungsi Format as Table pada tabs Home. Keunggulan dari fungsi Format as Table antara lain adalah formula atau rumus yang mudah dipahami, rumus yang otomatis, serta tampilannya yang menarik.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:


  • Buka worksheet Excel baru dan buatlah judul
  • Buat komponen Pendapatan dengan Format as Table dengan kolom Pendapatan, Rencana, Aktual dan Selisih seperti berikut.





  • Isilah kolom pendapatan dengan item pendapatan, misalnya Gaji Sumai, lalu isi jumlah rencana untuk Gaji Suami, isi actual Gaji Suami, serta isi kolom selisih dengan rumus Selisih = Rencana – Aktual





  • Isilah kolom pendapatan dengan seluruh item pendapatan misalnya Gaji Istri, Pendapatan lain-lain.
  • Buatlah subtotal di bawah kolom Rencana, Aktual dan Selisih dengan shortcut Alt+.
  • Berilah nama untuk Tabel Pendapatan misalnya dengan nama INCOME. Caranya, pada tabel, klik Design lalu edit Table Name.
  • Buat komponen Pengeluaran dengan Format as Table sama seperti Pendapatan, tetapi karena komponen Pengeluaran lebih banyak buat menjadi dua sisi atau dua kolom agar mudah diprint. Buatlah subtotal untuk semua kategori Pengeluaran sama seperti membuat komponen dan beri nama setiap tabel seperti pada komponen Pendapatan.
  • Jumlahkan semua komponen atau tabel pengeluaran untuk menghasilkan Total Pengeluaran.
  • Buatlah tabel Saldo untuk mengetahui selisih antara Rencana Pendapatan dengan Pendapatan Aktual, Rencana Pengeluaran dan Pengeluaran Aktual.
  • Selesai




Untuk mengelola pencatatan pengeluaran aktual agar tidak dilakukan secara manual, Anda bisa mengkombinasikannya dengan memakai aplikasi personal & family finance yang bisa diinstall di handphone (akan kami bahas pada tulisan berikutnya, insya Allah).

Silahkan klik di sini untuk mendownload workbook di artikel ini. sumber jago excel

Beli Kebaya >> www.kebayadiva.com atau www.grosirkebaya.net